Kamis, 15 November 2012

Kelebihan Opera Browser

Bagikan :
Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform.

Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, membaca dan mengirim surat elektronik, milis (mailing list) , membaca RSS Feed, dan chatting via IRC. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia.

Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux. saat ini Opera mempunyai 1,41% persentase pengguna di pasar browser.

Alasan penggunannya memilih Opera adalah karena Opera dianggap ringan dan cepat dibanding Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Opera terkenal saat ini, selain karena unik dan penuh fungsi daripada browser lain, juga berkat komunitas-komunitas yang tetap setia mempertahankan dan memakai Opera Browser untuk berselancar Internet. Selain dalam bentuk browser web, Opera juga hadir dalam bentuk mobile yang bisa dijalankan di telepon genggam atau PDA. Dan juga salah satu produk andalannya yaitu Opera Mini yang berplatform Java yang diperuntukkan untuk semua telepon genggam berplatform Java.
Sekitar tahun 1992, Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsey merupakan bagian dari sebuah grup riset di Televerket (sebuah perusahaan telpon asal Norwegia yang sekarang bernama Telenor). Grup teresbut mengambil peranan dalam mengembangkan ODA (Open Document Architecture), yaitu sebuah standar sistem penyimpanan dan pengambilan dokumen, gambar dan yang lainnya.

Grup ini juga mendirikan server Internet pertama di Norwegia dan home page di tahun 1993. Tapi mereka merasa bahwa browser yang mereka gunakan yaitu Mosaic mempunyai struktur yang biasa-biasa saja untuk digunakan secara efektif pada saat bowsing. Oleh karena itu, grup ini tergerak untuk membuat sebuah web browser yang baru dari awal lalu dikembanggkan kembali pada tahun 1994.

Diinspirasikan oleh proyek ODA tadi, mereka melihat suatu pasar potensial untuk membangun sebuah browser yang bisa beradaptasi dengan segala macam struktur web. Di akhir tahun 1995, Televerket berubah namanya menjadi Telenor dan disitulah perusahaan Opera Software dibangun. Produk mereka kemudian diberi nama MultiTorg Opera dan dengan secara cepat digunakan oleh komunitas Internet pada saat itu karena fitur Multiple Document Interface dan sidebar-nya yang membuat browsing beberapa halaman secara sekaligus menjadi lebih mudah.

Opera telah memelopori banyak fitur yang kemudian ditiru oleh browser lainnya. Contohnya, Opera adalah browser pertama yang mengintegrasikan gerakan mouse (mouse gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. Opera juga memiliki beberapa fitur orisinil, termasuk loading halaman di background, notes, penggantian skin, sesson management dan lain-lain. Selanjutnya Opera menjadi lebih terkenal dan sedikit "nakal" karena Multiple Document Interface yang bisa dibilang mendobrak tradisi web browser yang telah ada.

Selain dalam bentuk browser web, Opera juga hadir dalam bentuk mobile yang bisa dijalankan di telepon genggam atau PDA. Dan juga salah satu produk andalannya yaitu Opera Mini yang berplatform Java yang diperuntukkan untuk semua telepon genggam berplatform Java serta Opera Mobile untuk smartphone Android, I Phone dan Symbian yang sudah terintegrasii dengan mesin Presto.


Kelebihan dan Keuntungan memakai Opera Browser versi 11.60 (baru): Opera 11.60 Affandy Murad Site
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video resmi mengenai demo Peramban Opera versi baru di http://www.youtube.com/watch?v=nGEbEUHXI_E

  • Mudah diinstal hanya dengan mendownload di http://www.opera.com. Tidak memakan memory yang besar, Ringan saat dijalankan, dan memulai aplikasi lebih cepat. Peramban ini juga memilik tampilan yang futuristik, dinamis, dan elegan yang bisa diatur dengan mudah.
  • Sudah mendukung CSS3 dan HTML 5 sehingga memiliki kemampuan merender berbagai tampilan situs web terbaru dengan baik (walaupun banyak situs yang secara sepihak membatasi akses dari Opera). Beberapa bug pada penerjemahan CSS pada beberapa versi sebelumnya juga sudah diperbaiki.
  • Situs yang anda kunjungi tidak mendukung Opera? Ubah saja identitasnya dengan klik kanan mouse pada situs tersebut, pilih edit site prefrences - pilih tab Network - Pada browser identification anda bisa ubah identitasnya sebagai Opera, Internet Explorer atau Mozilla Firefox.
  • Peramban Opera adalah satu-satunya yang memiliki mesin khusus sendiri yang hanya Opera dan Produk turunannya (Opera Mini dan Opera Mobile) yang menggunakannya yaitu Presto. Presto dalam merender (menerjemahkan) sebuah situs dilakukan secara bertahap tanpa harus menunggu proses enskripsi situs terakhir. Jika ingin lebih tahu apa itu Presto lihat disini.
  • Fasilitas tab browser, fitur handalan Opera yang memungkinkan kita bisa membuka banyak situs hanya dengan menggunakan tab yang baru dan secara cepat bisa bergantian membukanya tanpa membuka window yang baru . Tab tersebut juga bisa ditampikan berupa thumbnail (lihat video). Pastikan fitur ini aktif dengan klik kanan mouse pada panel tab - customize - centang "Enable thumbnails in tabs".
  • Sudah memiliki fitur private tab dan clone tab. Private tab adalah tab yang khusus yang akan menghapus semua rekaman jejak aktivitas web setelah tab ditutup (mode privasi bergambar gantungan bertanda strip merah) sementara clone tab adalah duplikasi tab yang dipilih (termasuk pilhan maju dan mundurnya sama persis). Cukup klik kanan mosue pada panel tab dan pilih yang anda inginkan.
  • Memiliki fitur clone window yang fungsinya sama dengan clone tab tetapi pada window yang aktif. Menu ini ada di menu bar "File".
  • Mendukung berbagai ekstensi (Extension) yang fungsinya sama dengan Add On dari Firefox untuk meningkatkan performa peramban Opera anda. Untuk mengatur ekstensi ada di menu "Tools".
  • Anda bisa mengunduh berbagai aplikasi gratis maupun berbayar dari berbagai sistem operasi mobile (Android, Windows Mobile, Java, Symbian, Blackberry, dan iPhone) di http://apps.opera.com/.
  • Memiliki fitur Opera Unite, yaitu aplikasi web khusus yang terintegrasi dengan peramban Opera anda dan terhubung langsung dengan akun My Opera anda. Untuk mengatur Opera Unite ada di menu "Tools".
  • Sudah mendukung fitur Pengaya (Widget). Widget adalah aplikasi kecil bawaan opera yang bisa dijalankan tanpa harus membuka peramban Opera. Semacam "jendela" kecil untuk jam, kalender, laporan cuaca, pertukaran mata uang, dll. Fitur widgets dapat di unduh terpisah dari Opera Browser melalui Widgets (widgets.opera.com). Menu ini dapat diatur di Menu Bar "Tools".
  • Bisa langsung merasakan settingan seperti tampilan, widget, dll tanpa harus merestart komputer.
  • Punya fitur development khususnya Opera Dragonfly yang terintegrasi. Fitur Opera Dragonfly memungkinkan kita menilik konten, skrip, kode, bahkan berkas-berkas yang digunakan oleh situs yang kita buka. Untuk mengaktifkan ini perlu koneksi internet tentunya (tidak bisa offline). Untuk mengakses fitur ini pilih menu View - Developer Tools - Opera Dragonfly (Ctrl + Shift + I).
  • Memiliki fitur informasi detail mengenai situs dengan mengklik ikon (i) di panel sebelah kiri.
  • Untuk Peramban Opera sendiri sudah ada versi Portablenya, versi khusus yang berukuran kecil (10 MB +) yang dapat dijalankan dari berbagai media penyimpanan tanpa harus menginstalnya (contohnya flashdisk).
  • Ada 2 macam skin opsi bawaan tampilan toolbar default, ada yang khas Windows bagi yang terbiasa Mozilla Firefox dan Internet Explorer dan ada yang khas Opera. Untuk tema skin yang lain bisa diunduh di http://redir.opera.com/community/skins/.
  • Dengan teknologi Opera Turbo kecepatan dalam me-render (memproses) website lebih cepat dari browser lain karena proses kompresi dari server Amerika Serikat didukung mesin Presto. Walau ada waktu tunda (delay time) yang membuat "agak lamban" sebenarnya itu adalah proses kompresi yang akan menekan data seminimal mungkin. Jadi lebih baik lama sedikit tapi hemat data besar daripada cepat tapi borosnya minta ampun. Untuk mengaktifkan Opera Turbo cukup klik ikon speedometer pada panel dibawah.
  • Fitur keamanan situsnya lebih lengkap dan mutakhir untuk menangkal virus dan malware dari internet yang merusak dan mencuri data dari komputer anda.
  • Anda bisa lansgsung chatting via IRC chat yang sudah terintergrasi.
  • Anda bisa mengatur grup milis anda yang sudah terintegrasi.
  • Mail client terintergrasi dalam Browser mendukung IMAP dan POP3. Dan juga sudah terintegrasi push e-mail. (Untuk Poin 18 - 21 anda bisa atur di menu Tools - Mail and Chat Accounts . . .).
  • Anda bisa membaca artikel dari situs yang anda sukai melalui RSS reader yang sudah terintegrasi dengan klik ikon RSS pada address bar jika tersedia di situs tersebut.
  • Mendapat peringkat tertinggi di acid3 (http://www.acid3.org).
  • Mendownload file secara P2P (Peer to Peer) dengan menggunakan BitTorent yang sudah terintergrasi, dengan meng-klik berkas BitTorentnya (*.torrent), kumpulan file tersebut bisa langsung didownload.
  • Memblokir satu situs jauh lebih mudah dengan mengklik kanan di situs yang dimaksud, dan pilih block Content.
  • Opera juga menyertakan filter Pop Up built-in untuk menangkal iklan pop up yang mengganggu. Untuk mengatur Pop Up klik menu Tools - Quick Preferences - pilih menu Pop Up yang anda inginkan.
  • Address barnya Sudah terintegrasi dengan Google. Jika anda menginput kata kunci yang buka URL langsung dicari di Google.
  • Search bar-nya sudah terintegrasi dengan seperti Google, Bing, Amazon, eBay, Yahoo!, Wikipedia Sehingga lebih efisien tanpa harus mengunjungi situs pencarinya!
  • Fasilitas Fraud and Malware Protection , dengan fasilitas ini anda bisa mengeliminasi malware dan pembajakan identitas rahasia Anda seperti data diri, email, kartu kredit,dll. Pastikan fitur ini aktif dengan klik menu Tools - Preferences . . - pilih tab Advanced - pilih opsi Security - Centang "Enable Fraud and Malware Protection".
  • Opera ternyata juga punya fitur auto - fill forms yang memungkinkan mengisi form akun internet sesuai yang sudah di set sebelumnya jadi lebih efisien. Anda bisa mengaturnya dengan klik menu Tools - Preferences - Pilih Tab Forms.
  • Kecepatan download file lebih cepat dengan fitur download manager Opera yang tepat dan mudah untuk diatur. Dan ditambah dengan fasilitas RESUME jika download berhenti di tengah jalan (Lebih cepat dan hemat jika fitur Opera Turbo diaktifkan). Fasilitas ini ada di panel bergambar kotak dus dengan tanda panah kebawah.
  • Jika komputer mati secara tiba-tiba, Opera Browser bisa diatur agar langsung masuk ke situs terakhir yang dibuka karena fitur "session"-nya, sepanjang OS-nya tidak menggunakan deepfreeze dan cache Opera belum dihapus.
  • Back and forward langsung diambil dari cache menjadi lebih cepat tanpa request lagi (selama proses unduhan halaman situs lengkap sampai akhir).
  • Mouse gesture yaitu navigasi browser menggunakan pointer mouse. Untuk mencobanya tahan tombol kanan mouse dan akan muncul arahannya.
  • Notes untuk menyimpan text atau apapun secara cepat tanpa harus membuka aplikasi notepad. Dapat diakses langsung dengan ikon kertas pada panel.
  • Speed dial yaitu bookmark visual berupa kumpulan thumbnail situs yang tampilannya seperti tampilan situs bookmarknya aslinya. Untuk mengunjungi situsnya tinggal klik thumbnail yang dituju.
  • Paste and go. Cukup klik kanan paste and go tanpa menekan tombol enter di keyboard. Caranya salin kalimat yang diinginkan lalu klik kanan pada address bar pilih Paste and Go.
  • Wand password manager yaitu untuk mengatur user dan password pada website yang dituju secara otomatis untuk semua situs jika kita memilih "Save Password" saat login. Untuk mengatur fitur ini klik menu Tools - advanced - Password Manager.
  • Sangat mudah untuk kita customize skin tampilan browser opera dengan skin menarik di Speed Dial dengan foto sesuai keinginan kita. Dengan fitur ini berasa seperti membuat Peramban Opera Sendiri. Untuk mengubahnya buka Speed Dial lalu klik ikon kunci inggris lalu centang Custom Background Image.
  • Dukungan community di opera community yang sangat bagus untuk berkomunikasi , dan bertanya apapun mengenai Opera Browser. (Sebelum menggunakan fasilitas ini, pastikan anda sudah mendaftarkan akun anda di http://my.opera.com.
  • Synchronize bookmark yaitu akses sinkronisasi bookmark dan data-data lain kita bisa disinkronkan sehingga di PC atau di ponsel anda, anda bisa membuka sikronisasi bookmark kita lewat opera mini atau lewat www.operalink.com. Untuk akses langsung bisa klik ikon awan pada panel sidebar.
  • Opera browser dilengkapi dengan perintah ganti halaman atau mengubah ukuran jendela dengan suara dengan memasang mikrofon dan aktifkan fasilitas ini (sebelum menggunakan fasilitas ini harus didownload dahulu plug-in nya). Dan juga dengan fasilitas ini, Opera Browser bisa membacakan tulisan yang ada didalam situsnya.
  • Dalam menyimpan halaman, disarankan agar pada saat menyimpan pilih save as type html with image.
  • Opera dalam menjalankan bisnisnya dilakukan secara mandiri oleh ASA Software.

Download Opera Browser Portable ( freeware bisa dinstall di USB )




Loading...
Tips Terkait



Kembali ke Beranda